Kuliah Umum Metode Penelitian di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED

Kuliah Umum Metode Penelitian di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED

mik.fisip.unsoed.ac.id – “Kurang terbiasanya mahasiswa dalam menulis menjadi penyebab utama sulitnya mahasiswa dalam membuat sebuah penelitian, ditambah pula dengan kurang terbiasa dalam membaca,” ungkap Prof. Sugiyono M.Pd., Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam Kuliah Umum Metodologi Penelitian Komunikasi (Kontemporer) yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED, Selasa (13/3).

Hadir sebagai narasumber, Prof. Sugiyono menyampaikan paparannya mengenai  metode penelitian yaitu tentang jenis-jenis data, teknik sampling, analisis data, deskripsi dan detail penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, serta penelitian kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif (mix method). Lebih lanjut, Prof. Sugiyono, M.Pd., menjelaskan bahwa untuk dapat sukses dalam membuat sebuah skripsi, tesis, ataupun disertasi ada empat hal yang harus diperhatikan. “Pertama, pahami terlebih dahulu bidang yang ingin diteliti; Kedua, pahami buku panduan penelitian; Ketiga, pahami metode penelitian yang akan digunakan; dan Keempat, jaga hubungan dengan pembimbing,” jelasnya.

Kuliah umum yang berlangsung di Aula FISIP UNSOED ini secara langsung dibuka oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Joko Santoso, M.Si. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi kami pihak kampus dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan juga dosen salah satunya dengan mengadakan kuliah umum seperti ini yang menghadirkan pembicara profesional di bidangnya. “Kami berharap ke depan, kuliah umum seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin sehingga dapat membantu mahasiswa dan dosen dalam membuat atau merencanakan sebuah penelitian,” ungkapnya. Kuliah umum ini diikuti oleh para dosen dan mahasiswa baik jenjang S1 maupun S2.

Maju terus pantang mundur, Tidak kenal menyerah ! (Ab)