Strategi Komunikasi Oleh Kios Pertamini (BBM) Eceran Dalam Persaingan
Corporate Branding di Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan
Kabupaten Cilacap
Anita Agustina Wulandari
anitaagustinawulandari@yahoo.com
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Jendral Soedirman
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi oleh kios Pertamini BBM eceran dalam persaingan corporate branding. Di era saat ini yang semakin maju dengan segala perkembangan di seluruh sektor kehidupan baik sektor politik, ekonomi maupun sosial budaya membawa masyarakat untuk menghadapi persaingan ketat. Maka dari perkembangan komunikasi, masyarakat kini jauh lebih dituntut untuk mampu menciptakan strategi komunikasi yang bagus demi menjaga reputasi dan citra suatu lembaga atau perusahaan yang diwakilinya. Apa saja strategi yang dilakukan? Hal ini disebabkan karena adanya persaingan ketat antar pebisnis Pertamini agar menciptakan citra usaha yang dipandang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengusaha atau pemilik serta karyawan SPG/SPB kios Pertamini BBM eceran yang tinggal di Desa Cinyawang Kecamatan Patimuan Kabupaten Cilacap. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi komunikasi yang digunakan sebagai daya tarik konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan participant observe atau pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dan telaah dokumen. Untuk menguji kemantapan dan keabsahan data yang telah berhasil dikumpulkan peneliti menggunakan triangulasi sumber dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang terkait. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek telah melakukan perubahan citra dengan merubah beberapa aspek seperti: atribut kios, bahasa pelayanan yang ramah/kinerja karyawan, fasilitas kios, logo kios, dan kualitas produk dari Pertamini BBM eceran. Sekarang setiap subjek percaya perubahan citra menjadi berpengaruh dalam persaingan corporate branding. Dan perubahan yang signifikan ini telah menyebabkan subyek mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Kata Kunci : strategi komunikasi, pertamini, persaingan, citra, corporate branding.