Strategi Humas Kawasan Wisata Gunung Galunggung dalam Menarik Kunjungan Wisata
Muhammad Fachry Azis Kusuma
Jurusan Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,Universitas Jenderal Soedirman
fmuhammadkusuma@gmail.com
ABSTRAK
Pariwisata adalah salah satu sumber penghasil negara, di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Tasikmalaya pun mempunyai pariwisata unggulan yakni Kawasan Wisata Gunung Galunggung. Kawasan Wisata Gunung Galunggung yang menempati poosisi pertama yang mendapati pengunjung terbanyak dari 12 objek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada pihak Humas Kawasan Wisata Gunung Galunggung dan beberapa wisatawan. Model analisis data Miles dan Huberman yang didalamnya terdari dari tiga hal, yaitu penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan dan pengujian keabsahan data dilakukan dengan membandingkan sumber data. Analisis data menggunakan SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threaths). Strategi yang dilakukan oleh Humas Kawasan Wisata Gunung Galunggung ini antara lain menggunakan iklan media cetak dan elektronik, brosur, booklet, kegiatan humas dan lainnya.
Kata Kunci : Strategi Humas, kehumasan, Pariwisata, Analisis SWOT.